JellyPages.com

Senin, 09 Januari 2012

Letak daerah pegunungan dipulau jawa beserta informasi dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004

Nama : Nova Nuriati Pratama
kelas  : 3eb06
npm   : 21209281

                                                     BAB I
                                           PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi pada era globalisasi saat ini telah berkembang sangat pesat dan terkadang sulit untuk diikuti.hal ini menyebabkan manusia sebagai pelaku utama perkembangan tersebut dituntut agar selalu berusaha untuk mendapatkan informasi yang terbaru. Setiap individu mempunyai berbagai macam cara untuk mendapatkan informasi dari media yang lebih mudah dimengerti.

Perkembangan teknologi telah melahirkan suatu perangkat elektronik yang dinamakan computer sebagai salah satu media untuk mendapatkan informasi yang sangat berguna. Banyaknya informasi yang bisa didaptkan dengan mudah dari media computer. Informasi tersebut biasanya disajikan dalam bentuk multimedia, misalnya jika seseorang ingin mengetahui informasi mengenai suatu pariwisata, perusahaan, organisasi, kependudukan, pendapatan daerah dari suatu propinsi pada daerah tertentu dan banyak contoh lainya.sudah tentu orang tersebut akan lebih mudah bila informasi yang diperlukan dapat disajikan dalam bentuk gambar, suara dan animasi serta dapat terlibat langsung dalam proses pencarian informasi tersebut. Hal ini menjadikan informasi lebih menarik, mudah diserap dan dapat dimengerti.

Dengan melibatkan kenyataan tersebut, penulis mengangkat masalah diatas ke dalam penulisan ilmiah yang diberi judul “Letak Daerah Pegunungan di Pulau Jawa Beserta Informasinya Dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004

1.2 Batasan Masalah
Karena begitu banyaknya gunung yang ada di Indonesia, maka penulis membatasi penulisan ilmiah ini dengan membatasi informasi yang hanya ditunjukan untuk 28 gunung yang ada diwilayah pulau jawa saja.

1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat web yang nantinya
diharapkan dapat :
     1. Memberikan langkah–langkah sederhana dalam pembuatan web
         sederhana
     2. Memperkenalkan gunung yang ada dipulau jawa dengan memberikan
         informasi yang akurat dan mudah diakses oleh user
     3. Memberikan kemudahan kepada masyarakat umum dalam mencari
         informasi tentang pegunungan dipulau jawa beserta gambar gunung
         secara cepat dengan mengakses melalui internet.

1.4 Metode Penelitian
      Untuk memberikan informasi yang akurat dan actual dalam penyusunan penulisan ilmiah ini, maka digunakan metode Studi Pustaka. Pada metode ini pengetahuan yang didapat adalah dengan mempelajari Macromedia Dreamwever MX 2004 dari semua jenis buku yang memberikan informasi cara menjalankannya. Pengumpulan data juga didapat dari beberapa literature seperti buku, Koran, majalah dan juga download dari internet.
       Adapun langkah-langkah pembuatan aplikasi ini adalah pembuatan struktur navigasi, storyboard, desain tampilan wesite, proses pembuatan halaman web dan upload.




                                                  BAB II
                                        LANDASAN TEORI

2.1 Internet
      Internet berasal dari kata interconnection networking yang mempunyai arti hubungan berbagai computer dengan berbagai tipe yang membentuk suatu jaringan yang mencakup seluruh komunikasi seperti telepon.
      Yang mengatur integrasi dan komunikasi jaringan computer ini adalah protocol-protokol yang umum disebut TCP/IP. TCP yang memastikan bahwa semua hubungan kerja dengan benar, sedangkan IP yang mentransmisikan data dari computer ke computer lain.
          Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas internet,biasanya anda harus berlangganan kesalah satu ISP yang biasa disebut peyelenggaran jasa internet.

2.2 Sejarah Internet
      Internet awalnya merupakan suatu rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada sekitar tahun 60-an. Dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET. Beberapa universitas di amerika diantaranya UCLA, Stanford UC santa Barbara dan University of Utah, diminta bantuan dalam mengerjakan proyek ini dan awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer di lokasi universitas yang berbeda tersebut. Perkembangan ARPANET ini cukup pesat jika dilihat dari perkembangannya pada saat itu. Sebagai gambaranya pada tahun 1997, ARPANET telah menguhubungkan lebih dari 100 mimiframe computer dan saat ini terdapat 4 juta lebih host jaringan yang terhubung pada jaringan ini.
          Karena perkembangannya yang pesat, jaringan computer tidak lagi disebut ARPANET karena semakin banyak computer dan jaringan–jaringan regional yang terhubung. Konsep ini kemudian berkembang dan dikenal dengan konsep internetworking. Oleh karena itu istilah internet menjadi semakin popular, dan masyarakat menyebut jaringan besar computer tersebut dengan istilah internet.

2.1.2 istilah-istilah pada internet
         Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila anda bekerja dengan internet, diantaranya yaitu :

a. www (World Wide Web)
    salah satu layanan dari internet dalah WWW, layanan yang cukup baru dikembangkan dalam internet dan menjadi layanan aplikasi yang popular digunakan pemakai jaringan internet dan perkembanganya terus dilakukan sampai saat ini untuk menyempurnakan teknologi ini. www atau bisa disebut web saja, bekerja dengan menggunakan teknologi yang disebut hypertext.
    Dengan menggunakan WWW, pengaksesan berbagai informasi diinternet misalnya ghoper, mail dan sebagainya.

b. web site
    merupakan tempat informasi dengan berdasarkan topic tertentu. Dimisalkan situs web ini sebagai sebuah buku yang berisi suatu topic tertentu.

c. web page
    Website merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh internet diantara layanan-layanan lainnya. Website adalah hompepage dimana homepage adalah halaman awal sebuah domain.

d. web server
    Web server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPSdari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML

e. URL
    adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber.
adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web. 

f. Hyperlink
   adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program, atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink digunakan untuk menunjukan lokasi lain dari dari teks atau objek yang dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen, file, objek, aplikasi, halaman web dan sebagainya.

2.2 HTML
      HTML (HyperText Mark up Language) merupakan suatu metoda untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan bukan sebagai program.

Berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi :

Hypertext
Link hypertext adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju.

Markup
Pada pengertiannya di sini markup menunjukkan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada World Wide Web.

Language
Meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen

Kumpulan Tag HTML
1(!-- --) Memberi komentar atau keterangan. Kalimat yang terletak pada tag kontiner ini tidak akan terlihat pada browser
2(a href) Membuat link ke halaman lain atau ke bagian lain dari halaman tersebut
3(a name) Membuat nama bagian yang didefinisikan pada link pada halaman yang sama
4(applet) Sebagai awal dari Java applets
5(area) Mendefinisikan daerah yang dapat diklik (link) pada image map
6(b) Membuat teks tebal
7(basefont) Membuat atribut teks default seperti jenis, ukuran dan warna font
8(bgsound) Memberi (suara latar) background sound pada halaman web
9(big) Memperbesar ukuran teks sebesar satu point dari defaultnya
10(blink) Membuat teks berkedip
11(body) Tag awal untuk melakukan berbagai pengaturan terhadap text, warna link & visited link
12(br) Pindah baris
13(caption) Membuat caption pada tabel
14(center) Untuk perataan tengah terhadap teks atau gambar
15(comment) Meletakkan komentar pada halaman web tidak tidak akan nampak pada browser
16(dd) Indents teks
17(div) Represents different sections of text.
18(embed) Menambahkan sound or file avi ke halaman web
19(fn) Seperti tag (a name)
20(font) Mengganti jenis, ukuran, warna huruf yang akan digunakan utk teks
21(form) Mendefinisikan input form
22(frame) Mendefinisikan frame
23(frameset) Mendefinisikan attribut halaman yang akan menggunakan frame
24(h1 ... h6) Ukuran font
25(head) Mendefinisikan head document.
26(hr) Membuat garis horizontal
27(html) Bararti dokumen html
28(i) Membuat teks miring
29(img) Image, imagemap atau an animation
30(input) Mendefinisikan input field pada form
31(li) Membuat bullet point atau baris baru pada list (berpasangan dengan tag (dir), (menu) (ol) and (ul)
32(map) Mendefinisikan client-side map
33(marquee) Membuat scrolling teks (teks berjalan) - hanya pada MS IE
34(nobr) Mencegah ganti baris pada teks atau images
35(noframes) Jika browser user tidak mendukung frame
36(ol) Mendefinisikan awal dan akhir list
37(p) Ganti paragraf
38(pre) Membuat teks dengan ukuran huruf yg sama
39(script) Mendefinisikan awal script
40(table) Membuat tabel
41(td) Kolom pada tabel
42(title) Mendefinisikan title
43(tr) Baris pada tabel
44(u) Membuat teks bergaris bawah

2.3 Macromedia Dreamweaver MX 2004
      Macromedia Dreamweaver MX 2004 adalah suatu editor HTML profesional untuk perancangan, pengkodean, pengembangan website, halaman web, dan aplikasi web. Dreamweaver juga menyediakan tools yang sangat membantu meningkatkan pengalaman dalam pembuatan web yang powerfull. Berbagai fitur visual editing pada Dreamweaver mengizinkan Anda membuat halaman web dengan cepat tanpa harus menuliskan satu baris kode.
Buku ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula karena di dalamnya penulis memperkenalkan dasar-dasar penggunaan Dreamweaver MX 2004 langkah demi langkah. Buku ini akan lebih mudah dipelajari jika Anda langsung berhadapan dengan komputer dan mempraktekkan setiap materi yang dibahas. Dengan mempelajari buku ini, penulis yakin Anda akan menjadi webmaster yang andal.




                                                  BAB III
PENUTUP

4.1 kesimpulan
      Dreamweaver MX 2004 membantu memudahkan pembuatan website secara dinamis. Dreamweaver Mx 2004 telah dibuat dengan user interface dan struktur menu yang sangat membantu pemakai sehingga dapat memudahkan user membuat halaman-halaman HTML sama cepatnya seperti menggunakan sebuah program pengolahan kata yang modern.
      Website ini dibuat dengan sederhana dengan tambahan variasi animasi yang dibuat dengan SWISHmax sebagai banner. Untuk aplikasi pengolahan gambar, penulis menggunakan photoshop 7.0 dari Adobe.
      Struktur navigasi yang digunakan pada Website ini adalah struktur navigasi campuran.
       Dengan adanya website ini, user dapat terbantu dalam mendapatkan informasi tentang gunung yang ada dipulau jawa, tanpa harus pergi langsung kedaerah pegunungan tersebut. Informasi yang disajikan pada website ini yaitu ketinggian gunung, status gunung aktif atau tidak aktif.



                                             DAFTAR PUSTAKA

  1. ferry herlambang, Trik Explorasi Dreamweaver MX, Jakarta, 2004

  1. http://www.merbabu.com/merbabu.html, 20 maret 2006

  1. www.google.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar